Analisis Kegoncangan Pasar Modal Perspektif Islam

Cover Volume 3 #1

Zulhelmy

Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru

ABSTRAK

JurnalEquity.org – Krisis keuangan global yang telah terjadi berulang kali tidak bisa dilepaskan dari sistem ekonomi yang dibangun dan diterapkan oleh suatu negara. Penyebab utama terjadinya krisis keuangan global ini adalah sistem ekonomi Kapitalisme yang dibangun berdasarkan ketamakan dan kerakusan dalam memiliki kekayaan. Salah satu penyebab ambruknya ekonomi kapitalisme adalah adanya sektor non riil yaitu keberadaan pasar sektor keuangan yang dikenal dengan bursa saham atau pasar modal. Goncangnya pasar modal menyebabkan goncangnya perekonomian sebuah negara. Pasar modal tergoncang diakibatkan setidaknya oleh tiga faktor  yaitu; (1) Perseroan Terbatas; (2) Riba dan (3) Bank Note.

Badai keuangan yang terjadi memberikan kesempatan kepada sistem ekonomi Islam dalam melihatkan keunggulannya. Sistem keuangan Islam yang pernah berjaya lebih kurang 13 Abad (622 M-1924M) telah menunjukkan keunggulan. Sistem keuangan Islam merupakan sistem yang unik yang sangat berbeda dengan sistem manapun di dunia termasuk sistem ekonomi Kapitalisme. [JE]

 

Tentang Penulis : 

Zulhelmy, SE.,M.Si.Ak. Alumnus S1 pada STIE YKPN Yogyakarta. Meraih Gelar Magister Sains pada Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Saat ini bekerja sebagai Dosen pada Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau.

 

ypupadmAnalisis Kegoncangan Pasar Modal Perspektif Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *